Cara Menggunakan Hand Sanitizer yang Baik dan Benar

admin

Bagi orang yang menggunakan hand sanitizer maka sebaiknya mengerti bagaimana cara memakainya. Tujuan dari penggunaan pembersih yang satu ini adalah untuk menjaga kebersihan pada bagian tangan manusia. Penggunaan dengan benar akan ampuh untuk menjaga kebersihan sehingga akan terhindar dari bahaya bakteri dan juga virus, perhatikan cara berikut.

Perhatikan Kondisi atau Waktu
Ada kondisi dimana sebaiknya menggunakan membersihkan tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Cara terbaik untuk membersihkan tangan adalah dengan menggunakan sabun, yaitu mencuci tangan seperti biasa. Cuci tangan akan menjadikan tangan lebih bersih dan akan lebih efektif dalam menghilangkan bakteri maupun virus.

Kegiatan mencuci tangan biasanya dilakukan pada saat sebelum makan, atau memasuki tempat-tempat umum di era new normal. Cara ini akan efektif untuk mencegah bakteri dan berbagai virus termasuk virus covid19. Orang bisa mencuci tangannya dengan sabun jika ada tempat yang tersedia.

Pada kondisi tidak mungkin untuk mencuci tangan dengan sabun maka bisa menggunakan anti septik. Hal ini karena keampuhan mencuci tangan dengan menggunakan sabun lebih baik dari memakai anti septik atau hand sanitizer. Keunggulan anti septik adalah mudah dibawa dan tinggal disemprotkan pada tangan lalu dibersihkan. Pada saat sedang di kendaraan umum misalnya, penggunaan anti septik ini akan sangat membantu dalam mejaga kebersihan dan mencegah peneybaran covid19.

Cara Membersihkan Tangan yang Benar
Pada saat membersihkan tangan baik dengan sabun biasa atau anti septik maka harus dilakukan dengan cara yang benar. Pastikan bahwa sabun atau anti septik telah merata keseluruh telapak tangan dan juga di sela-sela jari. Hal ini sangat penting agar efektif dalam membersihkan bakteri dan juga virus.

Durasi yang diperlukan pada saat mencuci tangan dengan sabun adalah selama 20 detik. Pastikan bahwa sabun diratakan ke seluruh telapak tangan dan diulang-ulang selama 20 detik. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pembilasan hingga sisa-sisa sabun hilang dan dibisa digunakan akrifitas kembali.

Penggunaan anti septik memerlukan durasi yang lebih lama jika dibandingkan dengan sabun. Gunakan waktu selama 30 detik untuk meratakan anti septik ke seluruh telapak tangan dan ulang-ulang terus. Usahakan selama 30 detik baru selesai meratakan cairan anti septik dan melanjutkan aktifitas lagi. 

Gunakan Hand Sanitizer yang Tidak Kadaluarsa
Perhatikan tanggal kadaluarsa pada hand sanitizer agar diperoleh hasil yang maksimal dalam membersihkan tangan. Penggunaan cairan anti septik yang sudah memasuki tanggal kadaluarsa tidak akan merusak kulit. Bagi orang yang memakainya ia tidak akan terkena masalah kesehatan kulit.

Pada anti septik yang telah kadaluarsa tidak akan mengganggu kesehatan, sehingga tidak akan membahayakan kesehatan. Dampaknya adalah pada kemapuhan dari anti septik itu sendiri yang tidak bisa membasmi kuman dengan sebagaimana mestinya. Anti septik yang sudah kadaluarsa kinerja zat pembasmi kumannya sudah tidak baik lagi.

Penggunaan anti septik yang kadaluarsa masih lebih baik dilakukan dibandingkan tidak membersihkan tangan sama sekali. Kuman yang ada di tangan sebagian akan hilang sehingga masih tersisa sedikit. Penggunaan anti septik sebaiknya memperhatikan tanggal kadaluarsa agar diperoleh hasil yang maksimal.

Seseorang sebaiknya selalu menjaga kebersihan pada dirinya mulai dari mandi, cuci tangan hingga memakai anti septik. Upayakan untuk selalu mencuci tangan sebelum memasuki tempat umum pada era new normal agar terhindar dari bahaya covid19. Pada saat sedang di tempat umum dan tidak memungkinkan untuk cuci tangan menggunakan sabun, pemakaian hand sanitizer adalah solusi terbaik.

Share this :

Latest
Previous
Next Post »